Rabu, 22 Mei 2013

tafsir ar ruum



Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami memohon pertolongan.
           


            Iyyaka merupakan objek yang didahulukan untuk tujuan pembatasan,supaya tujuan pembicara terfokus pada apa yang hendakdiutarakan.”Hanya kepada engkaulah kami beribadah ,”yakni kami tidak beribadah kecuali kepada-Mu dan kami tidak berserah diri kecuali kepada-Mu dan ini merupakan kesmpurnaan ketaatan .Secara lughowi ibadah berarti ketundukan .Dikatakan “jalan diratakan “dan”unta dijinakkan”yakni dihindarkan.Ibadah menurut syara’ialah suatu hal yang menunjukkan kesempurnaan kecintaan,ketundukan,dan ketakutan.
Sebagian ulama salaf mengatakan bahwa Al-Fatihah merupakan rahasia Al-Quran dan rahasia Al-Fatihah ialah ayat”hanya kepada engkaulah kami beribadah dan hanya kepada engkaulah kami memohon pertolongan”.Penggalan pertama,yaitu”hanya kepada engkaulah kami beribadah “,merupakan penyucian dari kemusyrikan.Dan yang kedua yaitu “hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan”.merupakan penyucian dari upaya,usaha kekuatan,lalu menyerahkan segalanya kepada Alloh Yang Maha Mulia lagi Maha Agung.

Tanggapan
            Saya sependapat dengan penafsiran ayat di atas karena didukung juga oleh Sayyid Quthb dalam tafsir (Fi Zhilalil Qur’an) yang menyatakan bahwa ayat ini merupakan persimpangan jalan anatara kemerdekaan murtlak dari segala macam perbudakan dengan segala hamba. Beliau juga mengatakan kalau hanya Allah saja yang disembah dan diibadahi dan Allah saja yang dimintai pertolongan. Sehingga manusia terbebas dari merendahkan diri kepada mitos-mitos,paham-paham keliru dan kurofat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates